Tips Tepat dalam Memilih Mobil Bekas Prima yang Masih Layak Pakai

ebutuhan alat transportasi yang bisa digunakan untuk membawa seluruh anggota keluarga saat ini cukup besar. Hal ini dilihat dari trend penggunaan mobil di jalan raya yang semakin hari semakin banyak dengan ditandai bertambah padatnya kondisi jalanan. Masyarakat kini lebih memilih membeli mobil agar tidak kehujanan apalagi saat membawa keluarga dan untuk perjalanan jarak jauh agar tetap nyaman. Trend tersebut didasari dengan penjualan mobil baik baru maupun bekas yang semakin banyak dengan proses yang semakin mudah. Untuk mobil baru, sudah jelas performanya karena merupakan mesin baru yang belum pernah digunakan. Sedangkan untuk mobil lama atau bekas, maka calon pembeli wajib melakukan test drive dan survey kondisi mesin terlebih dahulu agar bisa memastikan apakah mobil masih aman dan nyaman digunakan dan sesuai dengan harga yang dipasarkan.

Meski mobil bekas memiliki peminat yang lebih sedikit dibandingkan mobil baru, namun jenis mobil second ini lebih banyak dilirik bagi mereka yang ingin membeli mobil secara cash. Harga mobil bekas yang pastinya tak lebih mahal dibandingkan dengan mobil baru memungkinkan pembelian secara cash untuk berbagai kalangan masyarakat. Untuk mobil tua, bahkan ada yang harganya sangat terjangkau namun memiliki performa mesin yang masih mumpuni untuk mobil penggunaan niaga atau angkutan. Bagi Anda yang saat ini memerlukan kendaraan besar untuk banyak penumpang, sebaiknya membeli mobil bekas yang masih memiliki kondisi mesin baik dibandingkan memaksakan membeli mobil baru yang jauh lebih mahal.

Agar dalam memilih mobil bekas, Anda mendapatkan mobil dengan performa yang masih baik, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat pemilihan.

  1. Lakukan survey secara langsung dengan melihat dan mencoba mobil.
  2. Cek kondisi mesin secara teliti jika perlu ajaklah teman atau kerabat yang mengerti mesin mobil agar bisa dimintai pertimbangan.
  3. Cek kondisi ban mobil, shockbreaker, rem dan body mobil.
  4. Sesuaikan kondisi mobil dengan harga pasaran dan harga jual.
  5. Jika mungkin belilah dari tangan pertama atau sesuai dengan nama di BPKB agar Anda tidak kesulitan dalam mengurus surat-surat yang dibutuhkan.
  6. Belilah mobil dari merk dan seri terpercaya terutama untuk mobil buatan lama, misalnya Toyota Kijang.

Anda bisa mencari mobil bekas secara langsung melalui iklan di media massa kemudian langsung menghubungi si pemilik dan mengecek ke lokasi. Atau jika ingin memiliki pilihan yang lebih banyak, Anda bisa mendatangi showroom mobil bekas yang saat ini sudah banyak di berbagai kota dan titik lokasi umum. Dengan begitu Anda akan mendapatkan banyak pilihan seri maupun tahun pembuatan mobil. Untuk pembelian secara kredit, umumnya perusahaan pembiayaan juga akan berada di showroom tersebut untuk membantu calon pembeli dalam mengajukan aplikasi kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *