Tips Mudah dan Tepat untuk Mengatasi Aki Mobil yang Tekor

Aki mobil merupakan bagian penting pada mobil yang harus dirawat dengan tepat. Selain membelinya yang benar yaitu dari jenis terbaik yang ada di pasaran dan sesuai dengan budget. Kualitas aki tersebut juga akan menentukan kualitas aki yang Anda dapatkan. Sehingga aki mobil tersebut dapat bertahan lama dan juga tidak mengalami masalah seperti aki yang tekor. Biasanya ada banyak penyebab yang bisa untuk membuat aki mobil tersebut tekor. Akan tetapi selain mengetahui penyebabnya akan lebih baik juga dapat untuk mengetahui cara untuk mengatasi masalah aki mobil yang tekor tersebut.

Ada dua jenis masalah aki tekor yang biasanya terjadi yaitu aki tekor ketika digunakan dan sedang dalam perjalanan. Dan juga ketika mobil tidak bisa digunakan karena akinya yang bermasalah. Untuk masalah pertama ketika mengalami aki yang tekor tersebut adalah saat mobil digunakan di jalanan. Untuk mengatasi hal ini sendiri ada beberapa cara yang bisa digunakan, seperti misalnya cara berikut ini:

  • Cara pertama adalah dengan mendorong mobil tersebut sehingga dapat untuk hidup kembali. Mintalah bantuan pada penumpang di dalam mobil atau orang yang berada di sekitar jalan yang dilalui sehingga dapat untuk mendorong mobil hingga berjalan.
  • Dapat untuk menginjak kopling mobil yang dikendarai dan kemudian memasukkan tuas transmisi di angka 2.
  • Dorong mobil tersebut setidaknya hingga 5 meter pada keadaan jalan yang rata. Tetapi jarak tersebut bisa untuk disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi jalan sendiri.
  • Setelah itu Anda perlu untuk lepas pedal kopling hingga nantinya mobil bisa hidup kembali.

Atau langkah kedua dalah dengan melakukan setrum dengan menggunakan alternator. Lakukan hal tersebut setidaknya dalam kurun waktu 15 hingga 30 menit sehingga mobil dapat digunakan kembali. Untuk mengetahui proses tersebut sudah selesai apa belum sendiri sangat mudah, yaitu tinggal melihat pada bagian lampu dashboard. Ketika lampu sudah mati ketika mesin dihidupkan maka mobil akan dapat untuk dikendarai kembali. Sedangkan apabila lampu masih menyala, Anda bisa untuk mengecek bagian alternator atau dinamo mobilnya.

Dan cara kedua untuk memperbaiki aki yang tekor tersebut adalah ketika kondisi aki yang terus mengalami masalah. Sehingga ketika berkendara mobil akan sering mengalami mogok di jalan. Adapun cara untuk mengatasi hal tersebut adalah:

  • Melihat volume aki mobil apakah berada pada posisi lower atau upper karena biasanya masalah tersebut karena sel aki yang berada di bawah garis lower.
  • Hal tersebut juga dapat terjadi karena aki yang kering, sehingga cara mengatasinya hanya cukup dengan menambahkan air pada aki dan di charger accu.
  • Anda juga perlu untuk memeriksa tegangan aki ketika mesin pada kondisi yang masih hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *