Tips Merawat Sendiri Mesin Mobil Tua dengan Tepat dan Benar

Jangan pernah menganggap remeh sesuatu yang sudah mempunyai usia yang cukup tua seperti mobil, karena semakin lama semakin tinggi nilai jual barang tersebut. Untuk beberapa orang mempunyai mobil antik memang memiliki nilai seni sendiri, jadi mobil tersebut akan terlihat lebih menarik dimata penggemar-penggemarnya. Untuk kondisi fisiknya sendiri jangan pernah khawatir, beberapa mobil tua bahkan bisa bersaing dengan mobil terkini jika dilakukan perawatan yang tepat pada mesinnya. Seperti yang diketahui bahwa mesin merupakan sumber tenaga penggerak utama mobil.

Walaupun memang dasar perawatan untuk mobil tua sedikit lebih rumit dari pada mobil yang sudah mengalami perubahan teknologi. Entah dari interior, eksterior, sampai dengan bagian pada mesin mobil sekalipun. Mungkin karena memang kondisi usia yang sudah berbeda jauh jadi memerlukan sentuhan yang lebih khusus. Berikut ini beberapa cara melakukan perawatan pada mobil tua yang dapat Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel yaitu:

  • Pengecekan kondisi mesin.

Yang paling utama adalah pengecekan pada kondisi mesin mobil setiap harinya, bisa tidak setiap hari yang penting selalu rutin. Jika memang performa mobil menurun Anda bisa melakukan tune up. Selain itu juga Anda perlu mengecek pada komponen mesin lainnya, jika memerlukan penggantian sebaiknya segera lakukan.

  • Perhatikan oli dan bahan bakar.

Pemilihan oli dan bahan bakar yang tepat akan sangat mendukung performa dari mobil Anda. Dipasaran sendiri banyak sekali jenis oli mobil yang ditawarkan dari harga murah sampai dengan mahal sekalipun. Sangat disarankan untuk Anda memilih oli yang mempunyai kemampuan ekstra dari pada lainnya, supaya bisa memaksimalkan performa mobil Anda. Dan begitu pula saat Anda melakukan pemilihan pada bahan bakar yang akan digunakan.

  • Pengecekan kabel dan ring.

Jangan hanya fokus pada pengecekan bagian mesin saja, Anda bisa mencoba untuk memperhatikan komponen lainnya seperti kabel, ring dan lain-lain. Untuk kabel sendiri Anda bisa mengecek apakah sudah mengalami getas, atau bahkan mengelupas yang dapat mengakibatkan konsleting.

  • Kaki-kaki mobil.

Dan yang tidak boleh lupa selanjutnya adalah pengecekan pada bagian kaki-kaki mobil. Karena pada komponen tersebut sering mengalami masalah pada sebuah mobil, apalagi untuk usia yang sudah tua. Misalnya sampai terdengar bunyi-bunyi kasar pada mesin kendaraan Anda.

Sebenarnya usia kendaraan it bukalah menjadi patokan akan mempunyai performa bagus atau tidaknya sebuah mobil. Walaupun Anda mempunyai mobil dengan teknologi terbaru tetapi tidak melakukan perawatan dengan tepat tentunya tidak akan bertahan lama. Bahkan sering mengalami gangguan pada performa atau penampilannya di jalanan. Yang pasti Anda melakukan pemeliharaan secara rutin dan baik tentunya akan mendapatkan mobil yang mempunyai kondisi tetap bagus walaupun sudah mempunyai usia yang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *