Tips Memakai Mobil Agar Lebih Hemat Konsumsi BBM

Berkendara di tengah kondisi jalanan yang sangat padat ditambah dengan kondisi cuaca yang begitu panas memang paling sering menyebabkan seseorang mudah mengalami stress, bahkan meningkatkan kadar emosi. Hal inilah yang membuat mereka membuat kondisi mobil menjadi senyaman mungkin, salah satu diantaranya adalah dengan memasang pendingin ruangan, paling tidak dengan adanya AC ini akan sangat membantu dalam menjaga mood jadi lebih baik. Tubuh tidak akan mudah terasa panas ketika berada dalam mobil tersebut.

AC atau air conditioner ini pemasangannya memang tak hanya pada rumah saja, melainkan ada jenis khusus yang memiliki ukuran lebih kecil dan biasanya digunakan pada kendaraan. Anda bisa memasangnya sendiri untuk membuat performa kendaraan menjadi jauh lebih nyaman. Namun meski di satu sisi ada banyak sekali keuntungan yang ditawarkan, namun pemasangan AC ini juga membuat biaya untuk bahan bakar juga jadi lebih mahal. Belum lagi dengan tambahan berbagai macam pemasangan fitur pelengkap yang lainnya memang sering kali menyebabkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan bakar juga begitu tinggi.

Khusus untuk Anda yang ingin membuat kendaraan jadi lebih irit BBM, sehingga pengeluaran juga tidak begitu besar untuk hal yang satu ini, maka berikut ini ada sedikit tipsnya, yaitu:

  1. Pilihlah jenis mobil yang memang di desain hemat energi, sebelum membeli biasakan untuk melihat review terlebih dahulu dari setiap kendaraan yang ada, jika tujuan Anda menemukan yang nyaman dan juga hemat BBM maka bisa melihat yang tingkat konsumsinya paling sedikit. Mobil jenis ini memungkinkan Anda untuk menekan biaya pemakaiannya.
  2. Mengemudikan sesuai dengan batas kecepatan yang ada, ada kalanya beberapa orang yang mengemudi terlalu cepat, bahkan bisa dikatakan ugal-ugalan, hal ini tidak hanya berbahaya bagi nyawa saja, melainkan jika dilihat pada konsumsi bahan bakar atau tingkat pemakaiannya juga bisa jadi sangat tinggi.
  3. Mengatur putaran mobil, putaran yang paling ideal umumnya adalah 3000 rpm, nilai tersebut memungkinkan pemakaian bahan bakar juga jadi lebih irit.
  4. Menambah kecepatan kendaraan secara bertahap ketika tengah mengemudinya, sehingga bahan bakar yang dikonsumsi juga tidak langsung loss atau hilang kontrol, melainkan naik secara bertingkat.
  5. Jangan berhenti pada saat kondisi mesin menyala, ini secara langsung membuat konsumsi bahan bakar tersedot banyak, jadi kian boros.
  6. Pastikan untuk selalu memarkirkan kendaraan di tempat yang teduh, karena jika kondisinya sejuk maka penguapan bahan bakar yang terjadi juga kian kecil, tidak mudah habis BBM.
  7. Matikan semua perangkat elektronik dalam kendaraan dan juga AC sebelum Anda mematikan mesinnya.

Itulah 7 cara yang sangat efektif dalam menghemat bahan bakar kendaraan sehingga anda dapat meminimalis pengeluaran untuk bahan bakar kendaraan kesayangan anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *