Tips Irit Kampas Rem Saat Mengemudi di Pegunungan

Liburan menjadi waktu yang paling menyenangkan sekali terutama untuk mereka yang sudah berkeluarga. Ada banyak sekali hal yang dapat dilakukan pada saat berlibur salah satunya adalah berpergian ke luar kota. Salah satu destinasi yang sering kali menjadi tujuan adalah kawasan pegunungan, beberapa orang yang berkendara menggunakan mobil sering kali mengeluhkan ketidaknyamanan berkendara dengan menggunakan mobil di pegunungan. Salah satu yang membuat mereka khawatir adalah kampas rem. 

Kampas rem merupakan bagian terpenting dari mobil dan jika sudah habis maka bisa membahayakan kondisi mobil. Pada saat berkendara di pegunungan memang kampas rem cukup sering mengalami masalah karena sering menginjak pedal rem. Ada sejumlah cara agar kampas rem ini bisa hemat antara lain:

  1. Jangan menggunakan gigi yang terlalu tinggi, pada saat berada di turunan sejumlah pengendara memang senang menggunakan gigi yang tinggi lalu untuk menghentikan kendaraan akan menginjak rem cukup dalam. Hal ini merupakan salah satu penyebab seringnya kampas rem habis.
  2. Mengemudi dengan kecepatan normal, jika Anda mengemudi dengan kecepatan yang normal maka kemungkinan untuk menginjak pedal rem terus menerus akan dihindari. Hal ini bisa sangat menghemat kampas rem yang ada di mobil.

Jika Anda sudah memahami beberapa cara untuk mengatasi masalah kampas rem yang sering habis ditengah jalan. Maka Anda juga perlu untuk mengetahui beberapa cara agar rem ini tetap aman pada saat digunakan berkendara. Kebanyakan orang memang sering mengabaikan untuk mengisi kembali kampas rem mereka, karena menurut mereka kampas rem merupakan bagian yang paling jarang sekali bermasalah.

Ketika Anda menggunakan mobil dengan kampas rem yang baik, maka akan sangat nyaman sekali pastinya dalam berkendara. Ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi jika kampas rem ini habis ditengah jalan pegunungan antara lain:

  • Rem blong, ini merupakan akibat fatal dari habisnya kampas rem. Tentu saja ini bisa membahayakan pengemudi dan juga pengendara yang ada di dalam mobil. Maka dari itu perlu untuk selalu memperhatikan kondisi dari kampas rem.
  • Kondisi mesin berbahaya, karena bisa berpengaruh juga pada mesin mobil kita.
  • Kondisi ban mobil, karena kampas rem berada di sekitar ban sehingga bisa membahayakan juga untuk ban mobil kita.

Untuk penggunaan yang aman ini, maka kita harus tahu beberapa cara mengenali tanda-tanda dari kampas rem yang sudah hampir habis. Karena sering kali beberapa orang yang menggunakan mobil belum paham bagaimana tanda kampas rem yang sudah hampir habis. Maka dari itu penting juga untuk selalu mengecek keadaan kampas rem ini agar pada saat berkendara aman dan juga tidak akan membahayakan pengguna lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *