Tips Berkendara Mobil Secara Aman Saat Musim Penghujan

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini beberapa kawasan yang ada di Indonesia memang jadi rawan digunakan untuk berkendara. Mengingat kondisi jalanannya yang sangat licin dan juga tergenang air membuat kendaraan menjadi sangat sulit untuk melewatinya. Tak jarang juga yang menyebabkan kecelakaan. Sehingga Anda patut berhati-hati dengan hal tersebut. Berkendara di musim hujan ini biasanya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan hari-hari biasanya, tak hanya itu terkadang resikonya juga kian tinggi, apalagi bagi pengendara yang masih pemula.

Untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan dalam berkendara mobil di kala musim hujan, maka patut memperhatikan beberapa hal ini, diantaranya adalah:

  1. Cek kondisi ban mobil, ban adalah bagian yang sangat penting dalam menunjang performa kendaraan ketika tengah dipakai. Bila di musim-musim kemarau biasa tak masalah menggunakan ban yang sudah mulai terkikis permukaannya, maka tidak ketika musim hujan tiba, hendaknya gunakan ban dengan alur permukaan yang masih tebal, selain itu ada motif khusus yang cocok dipakai berkendara di jalanan licin sehingga tak mudah terperosok.
  2. Hendaknya memastikan kondisi wiper juga dalam performa yang baik, bagian lainnya yang menunjang kinerja tak kalah penting digunakan saat musim hujan adalah wiper ini, digunakan untuk menyapu kaca kendaraan sehingga pandangan juga jadi lebih jelas dipakai dalam berkendara. Cek kondisi karetnya apakah masih utuh atau sudah tipis, sehingga bisa digunakan untuk menyapu air hujan secara efektif.
  3. Mengecek kondisi lampu, tak hanya malam hari waktu terbaik menyalakan lampu kendaraan ini, melainkan juga di siang hari ketika hujan cukup deras menerjang, maka kondisinya akan tertutup air, sehingga pandangan juga jadi kurang nyaman dilihat. Lampu harus selalu standby.
  4. Selalu memantau kondisi jalan raya, jika ternyata jalur yang biasanya Anda lewati banjir atau tergenang air, maka akan jauh lebih baik mencari alternatif yang lainnya guna menghindari terjadinya genangan air tersebut, tak salah agak jauh, jika memang waktu juga memungkinkan dibandingkan harus menerjang banjir.
  5. Jika kondisi hujan terlalu lebat, maka jangan memaksakan diri untuk terus berkendara, melainkan ada baiknya jika berhenti sejenak. Karena wiper juga tak bisa dipaksakan untuk membersihkan permukaan kaca yang terkena hujan, jika kondisinya sangat lebat justru bisa memicu masalah.
  6. Selalu berkendara dengan jarak dan juga kecepatan aman, penting memperhatikan kecepatan dan juga jarak yang akan dilalui dengan pengendara yang lainnya. Hal ini nyatanya sangat berguna untuk menghindari resiko kecelakaan yang mungkin saja akan terjadi.
  7. Jika mesin mobil ternyata mogok di tengah banjir, maka mau tak mau matikan mesin, cabut accu kemudian langsung dorong ke tempat yang aman dan dievakuasi.

Itulah beberapa tips berkendara di musim hujan yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *