Alat Keamanan Mobil

Tambahkan Alat Keamanan Mobil Demi Menghindari Tindak Kejahatan

Memiliki kendaraan pribadi seolah sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi banyak orang. Hal ini disebabkan oleh minimnya transportasi umum yang memadai bagi kalangan masyarakat. Meski begitu, kini sedang marak kasus perampokan dan pencurian terhadap kendaraan pribadi. Bahkan para pencuri pun sudah lebih pintar dalam membobol kendaraan, untuk itu pemilik kendaraan juga wajib lebih cerdas dalam menjaga kendaraan pribadi misalnya dengan memasang alat keamanan mobil.

Selain itu pemilik kendaraan juga harus waspada dan bisa menerapkan beberapa tips menghindari pencurian mobil yaitu:

  1. Alat Keamanan MobilAlarm mobil
    Salah satu alat keamanan mobil yang paling umum adalah alarm mobil. Alat ini juga sangat efektif agar mobil lebih aman dari pencurian. Alarm mobil ini akan berbunyi keras dengan bunyi klakson atau sirine tertentu jika mobil dibuka ketika alarm tersebut aktif. Dengan bunyi yang keras tersebut, tentu akan membuat perhatian dari orang sekitar akan langsung tertuju pada mobil Anda sehingga bisa lebih aman.
  2. Pastikan mobil siap saat parkir
    Banyak sekali pengendara terburu-buru keluar dari mobil dan lupa untuk mengamankan mobil sebelum akhirnya diparkirkan. Hal ini akan memberikan peluang bagi pencuri untuk membobol mobil Anda secara lebih mudah. Pastikan agar kaca dan pintu mobil tertutup rapat, karena jika tidak, alarm tidak akan berfungsi.
  3. Kunci tambahan
    Pencuri yang telah berpengalaman kerapkali mampu membuka pintu yang sudah terkunci dengan mencongkelnya lewat sela karet dari kaca mobil. Untuk itu Anda juga bisa menambahkan kunci tambahan seperti immobilizer sehingga bisa menghindarkan mobil dibawa lari oleh pencuri meski pencuri berhasil membuka pintu mobil, bahkan menyalakan mesinnya. Kunci tambahan ini bisa berupa kunci setir, ban immobilizer, atau bisa juga berupa kunci pedal. Biasanya dengan memasang kunci setir, hal ini bisa membuat pencuri takut untuk mencuri mobil Anda.
  4. Jangan meninggalkan mobil saat mesin hidup
    Meninggalkan mobil dalam kondisi menyala adalah hal yang fatal karena pencuri akan dengan mudah membawanya lari. Meskipun mobil diletakkan dalam garasi rumah, namun tetap hindari meninggalkannya dalam keadaan mesin hidup meski sekedar untuk memanaskan mobil. Pastikan Anda berada di sekitar mobil demi keamanan mobil Anda.
  5. Amankan garasi
    Garasi merupakan tempat yang umum untuk meletakkan mobil di area rumah. Banyak yang menyangka bahwa menyimpan di garasi cukup aman, padahal belum tentu juga. Untuk itu pastikan agar garasi diberikan kunci tambahan yang memadai sehingga membuat pencuri mengurungkan niat karena kesulitan membuka garasi rumah Anda.
  6. Parkir di tempat aman
    Ketika Anda memarkir mobil di tempat umum, usahakan untuk memilih tempat parkir yang aman. Bahkan jika memungkinkan pilihlah tempat parkir dengan CCTV atau dengan penjaga yang bertanggung jawab. Seringkali banyak pengendara yang memarkir mobil sembarangan karena alasan memilih tempat dekat, gratis dan lainnya. tentu saja hal ini kurang aman bagi mobil Anda.

Baca juga: Jenis Aksesoris Mobil Murah yang Sering Digunakan

Itulah beberapa tips untuk mengamankan mobil Anda dari pencurian. Selain itu hindari meninggalkan karcis parkir di dalam mobil karena karcis tersebut adalah sebagai bukti penitipan mobil Anda. jika perlu, Anda bisa menambahkan alat keamanan mobil dengan GPS sehingga jika sewaktu-waktu mobil dibawa kabur oleh komplotan pencuri, mobil tersebut masih bisa dilacak keberadaannya. Dengan tambahan alat keamanan, maka tindak kejahatan bisa lebih diminimalisir lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *