Simak Beberapa Hal Berikut Ini yang Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar

Saat di jalan raya atau bahkan saat parkir dan kemudian mobil dinyalakan, ada beberapa kejadian seperti mobil yang terbakar. Kejadian tersebut bisa terjadi karena beberapa alasan atau penyebab. Pertama adalah disebabkan karena terdapat kabel yang terkelupas dan karena mobil dipergunakan dalam kondisi yang kurang stabil sehingga menyebabkan timbul percikan api. Jika saat mengendarai mobil, Anda mencium bau yang kurang enak, seperti terbakar, sebaiknya hentikan mobil Anda dan cek.

Kedua adalah kabel paralel aki yang tidak kencang. Karena di bagian aki terdapat kabel yang menumpuk serta baut yang tidak terpasang dengan baik, hal tersebut bisa menyebabkan mobil terbakar yang tidak hanya bisa merugikan diri sendiri namun juga orang lain. Untuk mengantisipasinya, cek selalu bagian soket aki serta bau pada aki mobil Anda. Ketiga adalah adanya ketidaksesuaian ukuran kabel. Jika kabel yang terpasang tidak sesuai ukurannya maka pengapian tidak bisa berjalan dengan baik dan sempurna dan hal tersebut bisa menyebabkan kebakaran yang dapat merambat ke seluruh bagian mobil.

Keempat adalah karena air filter karburator yang terbuka. Penyebab ini terjadi pada mobil yang mempergunakan sistem karburator. Jika Anda menggunakan sistem karburator untuk mobil Anda maka Anda harus menghindari jenis air filter terbuka karena hal tersebut dapat menyebabkan hawa pada bensin menjadi menguap dan tembus melewati celah kecil book air filter. Apabila saat itu terdapat kabel yang terkelupas disebabkan karena adanya gesekan saat mobil berjalan, maka hal tersebut bisa memicu kebakaran.

Kelima adalah adanya kebocoran pada oli ataupun pada pipa knalpot. Kebocoran oli bisa menjadi pemicu kebakaran pada mobil sehingga jika Anda hendak memodifikasinya, maka Anda harus mengecek dahulu apakah ada kebocoran atau tidak dan menggunakan jika sudah dimodifikasi, jangan lupa untuk menggunakan pembungkus anti panas di bagian header. Sedangkan pada bagian pipa knalpot yang bocor juga akan berbahaya jika bagian tersebut terkena panas karena akan memicu terjadinya kebakaran.

Alasan yang menyebabkan mobil terbakar lainnya adalah:

  • Bagian selang bahan bakar yang bocor. Anda harus mewaspadai apakah selang dalam kondisi yang rapuh atau tidak karena kerapuhan selang dan bocor dan menjadi pemicu adanya percikan api yang bisa membakar mobil dan bahkan meledak.
  • Mesin mobil yang dimodifikasi dan tidak menggunakan selang bahan bakar yang memiliki kualitas yang bagus seperti yang dari bahan serta karbon baja.
  • Bagian O ring injector yang keras yang bisa lebih rentan terjadi kebocoran dan hal tersebut akan sangat membahayakan karena bisa menyebabkan mobil terbakar.
  • Adanya kebocoran pada bagian setrum kabel busi dan jika kena sedikit tetesan dari bahan bakar bisa menyebabkan mobil terbakar dan meledak.
  • Menggunakan charger mobil yang tidak asli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *