Siapa Bilang Mobil Putih Mudah Kusam? Ketahui Cara Perawatan Tepatnya Berikut!

Setiap orang memiliki selera berbeda-beda terkait dengan pemilihan kendaraan, ada yang cenderung suka dengan gaya-gaya yang elegan layaknya mobil keluarga, jenis porche maupun tampilan yang sporty. Perbedaan selera ini nampaknya juga sama terjadi pada pemilihan warna kendaraan. Mengingat banyaknya pilihan warna yang tersedia di pasaran tidak lain adalah untuk menunjang selera atau keinginan konsumen. Beberapa orang cenderung jauh lebih senang memilih kendaraan dengan warna-warna gelap layaknya hitam dengan alasan tidak mudah kotor, perawatannya juga mudah.

Hanya saja juga tidak bisa dipungkiri jika banyak juga diantaranya yang cenderung lebih senang menggunakan kendaraan berwarna cerah seperti halnya putih, warna yang satu ini banyak dipilih dengan alasan tampak begitu elegan. Umumnya kaum hawa yang sangat menggemari mobil dengan warna tersebut, meskipun tidak sebanyak mereka yang membeli kendaraan dengan warna hitam, namun pada kenyataannya ada. Setiap warna tentunya memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing.

Seperti mobil dengan warna putih ini yang sangat identik dengan mudah kotor dan juga kusam jika digunakan secara terus menerus, untuk itulah butuh perawatan khusus, berikut ini langkah perawatan mobil yang berwarna putih, yaitu:

  1. Lakukan pencucian secara teratur, paling tidak sebelum digunakan, kemudian saat mobil terkena air hujan maka lakukanlah pencucian, dengan mencuci secara teratur ini memastikan bahwa tampilannya akan tetap selalu kinclong.
  2. Gunakan air bersih untuk mencuci, beberapa jenis air dilarang untuk dipakai dalam pencucian, yaitu air dengan kandungan garam tinggi, kandungan asam dan juga air sadah. Karena dalam kondisi kering sehabis dicuci nantinya akan muncul bercak-bercak di permukaan mobil dengan warna putih dan akan sulit dibersihkan meskipun artinya dicuci kembali.
  3. Cuci dengan menggunakan shampo mobil, shampo mobil ini berbeda kandungannya dengan detergen baju hingga sabun cuci piring biasa, karena ia membersihkan secara sempurna dan juga melindunginya dari sinar UV matahari, banyak dijual di toko terdekat dengan harga terjangkau, pastikan untuk menggunakan bahan yang satu ini untuk mencuci kendaraan kesayangan Anda.
  4. Bilas satu arah, proses pembilasan satu arah ini ditujukan untuk membuat detergen atau busa pada body kendaraan langsung turun atau hilang, sehingga tidak membuat Anda menyemprotkan terlalu banyak air bersih untuk mencuci mobil.
  5. Sebaiknya jangan parkir di luar ruangan, parkirkan kendaraan di tempat yang tertutup dan teduh sehingga tidak terkena sinar matahari dan juga air hujan langsung.
  6. Lebih baik berkendara dalam jarak yang cukup jauh dengan kendaraan pengangkut besar, layaknya truk atau container, karena jenis kendaraan ini mengeluarkan asap yang warnanya pekat hitam dan bisa membuat body mobil menjadi kotor kembali.

Tak peduli apapun warna kendaraan tetap bisa terlihat bersih jika dirawat dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *