Menilik 4 Biaya Tambahan yang Bisa Muncul Saat Membeli Mobil Bekas

Ketika berencana membeli mobil tentu ada kemungkinan Anda akan mengambil mobil bekas, sebab harganya murah dan bisa menemukan banyak pilihan. Beberapa orang memang merasa lebih nyaman membeli mobil bekas ketimbang mobil baru, sebab dilihat dari besarnya harga dan lain sebagainya. Namun ternyata mobil bekas sekalipun menyisakan beberapa biaya tambahan yang oleh peminatnya, yakni Anda, perlu diperhitungkan terlebih dahulu supaya tidak kaget. Bisa jadi mampu membayar harga jual dari dealer mobil bekas yang dipilih namun tidak dengan biaya-biaya lainnya.

Sebelum membeli mobil bekas baiknya lakukan berbagai persiapan, termasuk mempersiapkan diri menanggung beberapa jenis biaya setelah memiliki mobil tersebut. Tercatat ada beberapa biaya tambahan, berikut adalah beberapa diantaranya:

  • Biaya untuk balik nama,

Membeli mobil bekas tentu mendapati STNK dan BPKB atas nama pemilik pertamanya, kalau dibiarkan maka akan kesulitan sendiri setiap kali membayar pajak. Maka segera balik nama dan tentunya ada sekian Rupiah yang harus digelontorkan untuk keperluan ini. pahami mengenai biaya balik nama ini supaya anggaran yang disediakan tidak ludes untuk membayar harga mobil tersebut, melainkan ada sisa untuk balik nama tadi.

  • Pajak STNK per tahun,

Per tahun Anda akan memiliki beban biaya pajak, yaitu STNK dan per lima tahun pajak BPKB yang nilainya bukan lagi ratusan ribu seperti motor. Melainkan sudah menginjak angka satu jutaan, maka perlu diketahui kemudian diperhitungkan terlebih dahulu. Jangan sampai Anda malah kelabakan setelah punya mobil bekas tersebut karena baru menyadari ada beberapa biaya tambahan. Kesulitan dengan sektor keuangan akan dihadapi, tidak menutup kemungkinan kebutuhan lain akan keteteran untuk dipenuhi.

  • Biaya perbaikan jika dibeli dalam kondisi rusak,

Membeli mobil baru tentu tidak ada kebutuhan untuk melakukan sedikit perbaikan, baik pada mesin maupun bodynya. Sebab ketika dibeli maka Andalah penggunanya untuk pertama kali maka mesin masih baru dan body super mulus. Berbeda ketika mengambil mobil bekas yang bisa jadi cat bodynya sudah mulai pudar, maka akan terpikirkan untuk mengecat ulang. Tentunya akan ada biaya tambahan untuk perbaikan segala kekurangan pada mobil tersebut.

  • Biaya untuk membayar asuransi mobil,

Mobil tanpa asuransi akan membuat pikiran Anda tidak tenang terlebih mobil bekas, yang setiap harinya perlu biaya operasional. Seperti biaya masuk ke tol, biaya parkir yang lebih mahal, dan juga biaya untuk mengisi tangki bahan bakar. Kalau Anda masih harus menanggung biaya perbaikan mobil saat terendam banjir, kecelakaan, dan sebagainya maka dijamin langsung frustasi berat. Hindari beban tersebut dengan asuransi yang meskipun untuk mobil bekas preminya lebih mahal, setidaknya hati Anda tenang tidak cemas sewaktu-waktu perlu masuk bengkel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *