Inilah 5 Komponen Penting yang Ada Pada Kaki Mobil

Dewasa ini mobil merupakan transportasi utama untuk beberapa orang, apalagi bagi masyarakat modern. Bukan saja digunakan untuk mereka yang mempunyai mobilitas tinggi tetapi juga mereka yang hanya mempunyai hobi otomotif. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang selalu berganti-ganti mobil demi memenuhi nafsu keinginannya saja. seperti yang diketahui bahwa semakin banyak jenis mobil baru yang sudah dikeluarkan oleh beberapa vendor kenamaan dunia. tidak sedikit pula dari jenisnya mobil tersebut mampu menarik minat masyarakat untuk membeli dan meninggalkan yang lama.

Sebaik apapun jenis mobil terbaru yang Anda beli, jika tidak dilakukan service secara rutin pasti akan mengalami banyak masalah, misalnya pada bagian kaki-kaki mobil. Apalagi jika medan yang Anda lalui itu tidak rata dan masih sangat jelek pasti akan mendorong kerusakan yang lebih parah. Sebelum membahas mengenai kerusakan pada kaki-kaki, akan lebih baiknya Anda ketahui terlebih dahulu setiap komponennya yaitu:

  • Ban mobil.

Pada mobil ban terbagi menjadi 2 jenis yaitu ban dalam dan juga ban luar, keduanya mempunyai fungsi dan tekstur masing-masing. Jika melihat keberadaan serta fungsinya yang sangat penting menjadikan pemilihan ban harus berkualitas baik selain itu anda juga harus teliti dalam memilih ban mobil yang berkualitas. Dari mulai tekstur yang empuk, anti slip, bagus dan ciri lainnya. Jika ban sudah mengalami kebotakan akan lebih baiknya Anda langsung membeli yang baru untuk menghindari hal buruk terjadi.

  • Suspensi.

Lalu ada komponen yang disebut sebagai suspense yang terletak pada bagian bodi dikeringkan mobil dan roda. Adanya item tersebut berfungsi sebagai peredam kejutan dari permukaan medan sehingga mobil tetap melaju dengan stabil dan membuat nyaman. Rata-rata suspensi sendiri terbagi menjadi 2 tipe yaitu rigid dan ada juga tipe independent atau bebas.

  • Tie rod.

Item yang berfungsi sebagai penghubung antara stir dan pengikat roda ada bisa membelokkan ke kanan ataupun ke kiri. Tie sendiri umumnya berbentuk bulat atau hampir sama seperti jenis permainan kelereng. Sama pentingnya dengan komponen lainnya karena jika terjadi kelonggaran pada bagian tersebut dapat membuat bunyi dibagian roda atau kaki-kaki mobil Anda.

  • Ball joint.

Berada pada dudukan roda dan sebagai penghubung lengan ayun serta memudahkan bagian suspense bergerak dan menahan roda supaya tidak lepas. Untuk melakukan pengecekan Anda bisa menggunakan dongkrak pada bagian depan mobil.

Dan kelima sendiri itu adalah shushing yang berfungsi sebagai meredam gerakan supaya tidak mengganggu komponen lainnya yang tersambung. Pada dasarnya semua komponen mempunyai fungsinya masing-masing. Jika memang Anda mengalami masalah pada kaki-kaki bisa mencoba untuk mengecek dan menganalisa bagian komponen mana yang bermasalah. Nah, itulah sedikit informasi mengenai kaki-kaki pada sebuah mobil. Semoga bisa memberikan manfaat kepada Anda yang bermasalah pada kaki-kaki mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *