Ini Dia Beberapa Fitur Keamanan yang Ada Pada Mobil

Saat menaiki kendaraan seperti mobil, tidak hanya butuh kehati-hatian dan kesadaran sepenuhnya dari si pengemudi namun juga harus dilengkapi dengan fitur keamanan yang biasanya sudah dipasang pada kendaraan roda empat tersebut. Berikut ini merupakan beberapa fitur keamanan yang ada di mobil yang bisa Anda gunakan untuk melindungi Anda sebagai pengemudi dan juga penumpang.

Pertama adalah airbag. Airbag atau kantung udara merupakan fitur keamanan yang harus ada di mobil. Fitur ini terpasang di bagian depan mobil sehingga bisa melindungi pengemudi dan penumpang yang duduk di bagian depan atau samping pengemudi. Fitur keamanan ini memberikan perlindungan kepala yang disebabkan karena benturan yang tidak bisa diabaikan misalnya karena menabrak sesuatu. Beberapa jenis airbag yang diaplikasikan pada mobil juga dilengkapi dengan adanya pelindung lutut pengemudi.

Kedua adalah safety belt. Sabuk pengaman wajib ada pada mobil tidak hanya mobil keluaran baru namun juga mobil keluaran lama. Sabuk ini wajib digunakan saat Anda menggunakan mobil. Fitur pengaman ini terdapat di bagian samping mobil dengan pengunci di seberang bawah yang ada di samping jok. Sabuk pengaman ini akan mencegah tubuh Anda terlempar ke depan saat mengerem mendadak atau saat terjadi benturan agar tubuh tidak terlempar yang menyebabkan cidera yang lebih parah. Di mobil keluaran baru kini bahkan sudah dilengkapi sensor penggunaan sabuk yang canggih sehingga lebih aman.

Ketiga adalah ABS dan AEB. ABS adalah anti-lock breaking system yang memudahkan Anda mengendalikan roda kendaraan. Fungsi dari fitur ini berperan secara tidak langsung namun memiliki fungsi atau manfaat yang lebih kompleks. ABS berfungsi untuk menjaga rem dari penguncian pada ban/roda ketika rem di injak pada titik terdalam. Sedangkan AEB atau autonomous emergency braking akan memberikan peringatan kepada Anda saat mengemudi apabila terjadi potensi tabrakan yang semakin dekat sehingga rem akan langsung bekerja otomatis bila pengemudinya tidak merespon. Fitur ini mempergunakan sejumlah sensor yang berfungsi menghentikan mobil serta menghindar dari rintangan yang ada di depannya walaupun pada kenyataannya, fitur ini banyak yang bekerja saat mobil berada pada kecepatan yang rendah.

Fitur keamanan yang lainnya yang biasanya terpasang langsung atau dipasang secara khusus pada mobil diantaranya adalah:

  • Kamera dan sensor parkir yang akan sangat membantu saat Anda baru belajar untuk mengendarai mobil. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa parkir dengan lebih mudah tanpa harus melihat pada spion atau keluar jendela.
  • Tire pressure monitoring yang membantu Anda lebih mudah untuk memonitoring tekanan angin pada roda ban Anda sehingga bisa memaksimalkan Anda saat menggunakan kendaraan beroda empat tersebut terutama saat Anda hendak bermanuver. Jika tidak ada fitur ini, Anda harus mengeceknya sendiri secara manual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *