Ingin Modifikasi Knalpot? Pertimbangkan Hal Ini Dahulu!

Memiliki mobil tidak jarang memberikan kepuasan tersendiri bagi sang pemilik. Seringkali jika sudah bosan, selain melakukan tukar tambah untuk mendapatkan mobil baru yang diinginkan, tidak jarang yang mengubah atau melakukan modifikasi di beberapa bagian dari mobil tersebut, sesuai dengan yang diinginkan dan dirasa butuh untuk dimodifikasi. Salah satu bagian mobil yang kerap dimodifikasi adalah bagian knalpot sehingga bisa memberikan kesan yang lebih garang. Akan tetapi, sebelum melakukan modifikasi, Anda harus memperhatikan hal berikut ini terlebih dahulu.

Pertama adalah perhatikan terlebih dahulu saluran gas buang knalpot pada mobil Anda. Perhatikan struktur geader gas buang, muffler ataupun resonator. Cara tersebut dilakukan jika Anda hendak melakukan modifikasi atau mengganti knalpot standar dengan knalpot aftermarket yang bertujuan untuk meningkatkan performa dari mesin. Sehingga, walaupun knalpot sudah diganti dan mobil terlihat lebih keren, Anda tetap memiliki sistem saluran gas buang mobil yang bagus dan performa mobil tetap bisa bekerja dengan maksimal.

Kedua adalah memilih header knalpot racing. Ada banyak orang yang memilih untuk mengganti knalpot mobil standar atau bawaan dari mobil tersebut dengan knalpot baru untuk mendapatkan suara yang lebih besar sehingga mobil terlihat lebih garang. Karena hal tersebut, sebelum Anda melakukan modifikasi ketahui dahulu konsekuensi dari jenis model header yang akan Anda gunakan karena umumnya model header tersebut dapat mempengaruhi performa dari mobil Anda. Misalnya berpengaruh pada tarikan atas ataupun tarikan bawah dan bisa saja mempengaruhi baik tarikan atas atau bawah.

Ketiga adalah variasi dari model muffler atau knalpot. Sebagian besar orang yang mengganti knalpot standar dengan knalpot baru adalah untuk mendapatkan tampilan mobil dan juga suara yang gahar. Jika Anda ingin mendapatkan hal tersebut sehingga mobil Anda terlihat lebih keren, Anda bisa mengganti hanya di bagian mulut knalpot atau bagian muffler saja. Karena masing-masing model muffler memiliki bentuk yang berbeda maka akan menghasilkan suara yang berbeda pula. Semakin besar mulut knalpot tersebut maka suara yang dihasilkan akan semakin lebih rendah.

Keempat adalah mengganti pipa knalpot. Agar Anda mendapatkan performa mobil yang maksimal walaupun melakukan modifikasi pada knalpot Anda maka Anda bisa melakukan penggantian di bagian pipa knalpot. Untuk mendapatkan performa yang lebih baik maka Anda harus menggunakan pipa knalpot yang berkualitas dengan baik. Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda mengganti pipa knalpot mobil Anda agar Anda bisa melakukan modifikasi dan mendapatkan performa yang bagus maka Anda harus memperhatikan mengenai apakah saluran pembuangan Anda akan mengalami masalah atau hambatan atau tidak. Akan tetapi, pertimbangkan juga mengenai budget. Berapa banyak budget yang Anda miliki untuk bisa melakukan modifikasi knalpot yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *