Hadapi Masa Cicilan Kredit Mobil dengan Pengaturan Keuangan Berikut Ini!

Kenyamanan yang diberikan oleh mobil memang tidak bisa ditepiskan lagi. Tidak peduli mau cuaca panas atau cuaca hujan sekalipun tidak akan memberikan efek bagi pengendara di dalamnya sehingga berkendara pun jadi kian nyaman. Untuk bisa memiliki mobil pun kini sudah dipermudah dengan pilihan transaksi secara kredit. Ya, memang masyarakat zaman sekarang banyak sekali yang andalkan kredit untuk bisa memiliki banyak benda, termasuk juga mobil.

Sistem kredit dan persetujuan yang mudah dari transaksi dengan kredit kadang memang menjadikan alasan terbesar masyarakat memutuskan untuk kredit. Namun jangan lupa jika Anda kredit, maka Anda akan terikat kontrak selama jangka waktu kredit untuk melunasinya. Tantangan yang sebenarnya dari kredit mobil sebetulnya adalah di masa ini. Jika Anda bisa disiplin dan mampu melunasi maka mobil akan jadi milik Anda. Namun beda jika Anda tak mampu lunasi kreditnya, mobil ditarik pun seolah jadi pemandangan yang biasa.

Oleh karena itu pertimbangkan benar pengaturan keuangan yang akan Anda lakukan demi bisa lunasi kredit mobil tersebut. Beberapa tips berikut ini bisa Anda jadikan panduan:

  • Pemasukan vs pengeluaran

Pertama adalah dengan menghitung secara benar dari segi pemasukan dan juga pengeluaran keuangan Anda. Perhitungan ini harus secara akurat dan tak boleh hanya kira-kira karena dengan begitu Anda bisa lebih jelas dalam memutuskan. Pengeluaran di sini dimulai dari pengeluaran bulanan, pengeluaran untuk sekolah, investasi hingga tabungan sekalipun.

  • Perhitungan hutang

Jika pengeluaran dan pendapatan sudah didapatkan, selanjutnya adalah perhitungan total hutang dan juga total cicilan per bulannya. Hal ini penting terutama untuk Anda yang merasa punya hutang lebih dari satu misalnya hutang rumah, elektronik atau benda lainnya sehingga semuanya harus di estimasi secara tepat apakah sesuai dengan pemasukan yang dimiliki atau tidak.

  • Tabungan hukumnya wajib

Meski sesulit apapun kondisinya, tabungan bisa berperan sebagai pembantu keuangan Anda di jangka pendek. Dengan memiliki tabungan maka Anda tidak akan susah payah ketika nantinya ada kebutuhan mendadak. Itulah alasannya tabungan dihukumi wajib. Jadi Anda harus tetap menyisihkan beberapa persen uang Anda untuk mengisi rekening tabungan.

Itulah beberapa panduan singkat dalam pengaturan keuangan selama masa cicilan mobil Anda. Anda juga bisa lebih disiplin dengan menerapkan sistem pisah rekening. Pisah rekening di sini bisa disesuaikan dengan kebutuhan misalnya pisah rekening untuk tabungan, hutang dan juga untuk kebutuhan sehari-hari sehingga tidak tercampur. Memang ketika sekali Anda putuskan untuk kredit, maka sudah tidak bisa mundur lagi dan harus terus maju ke depan sehingga kredit bisa lunas dan terbayarkan. Oleh karena itu pastikan pertimbangkan dengan matang tentang kemampuan keuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *