cara mengemudi mobil matic

Cara Mengemudi Mobil Matic dengan Tepat Bagi Para Pemula

Bagi sebagian besar orang menganggap bahwa mengendarai mobil matic lebih mudah daripada mengendarai mobil manual. Namun anggapan tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar. Bisa dibilang mobil matic mudah karena lebih praktis, tidak perlu capek-capek injak kopling. Namun bagi pemula dan orang-orang yang belum terbiasa, mengendarai mobil matic cukup menantang dan resikonya lebih banyak. Simak 4 cara mengemudi mobil matic berikut ini agar cepat bisa:

cara mengemudi mobil matic1. Pahami peralatan kemudinya

Mobil matic sudah pasti mempunyai alat kemudi yang berbeda daripada mobil yang bertransmisi manual. Mobil matic hanya punya 2 pedal, satu adalah pedal gas dan satunya lagi adalah rem, tidak akan Anda temui pedal kopling. Selain itu, tuas untuk transmisinya ditandai dengan huruf-huruf, bukan angka.

2.Pahami panel tuas transmisi

Susunan huruf serta angkanya tergantung pada jenis transmisi matic yang disematkan pada mobil. Namun yang paling standar di antaranya:

  • D (drive): untuk membuat mobil melaju ketika pedal gas di injak.
  • R: dipakai untuk membuat mobil mundur.
  • P: digunakan ketika mobil dalam kondisi berhenti lama atau saat parkir.
  • N: digunakan saat mobil berhenti sementara seperti pada saat macet atau saat lampu merah.
  • B (brake/boost): biasanya ada pada mobil matic tipe CVT yang berguna untuk engine brake saat jalanan menurun dan meningkatkan RPM (boost) pada saat menanjak.
  • Angka 3, 2 serta 1/L: sama fungsinya seperti posisi transmisi pada mobil manual. Kurang lebih adalah untuk overdrive transmisi ketika mobil membutuhkan akselerasi, tenaga maupun engine brake.

3.Pastikan transmisinya pada P atau N saat menyalakan mobil

Setelah Anda mengetahui fitur serta alat kemudi pada mobil matic, maka saatnya untuk menyalakan mesin mobil. Namun jangan asal langsung menyalakannya saja, pastikan dulu tuas transmisinya pada huruf P atau N sehingga mobil tidak langsung melaju saat mesinnya dinyalakan. Ini tentu berkaitan dengan keselamatan Anda sebagai pengemudi dan penumpang lainnya.

4.Injak rem sebelum ganti tuas transmisi

Dengan mobil manual, biasanya orang mengandalkan rem tangan serta kopling saat baru akan memindahkan gigi ke posisi 1 untuk mulai berjalan. Namun pada mobil dengan transmisi otomatis, Anda perlu lebih berhati-hati. Pastikan sebelum mengganti tuas transmisi, injak dulu pedal rem. Ini untuk mencegah mobil langsung melaju begitu transmisi ada pada posisi R maupun D. Biasanya saat mobil di parkir pada posisi P dan akan melaju ke depan, tuasnya akan melewati posisi R. Jika Anda tidak menginjak rem atau rem tangan telah dilepas, maka mobil akan langsung mundur. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan di lahan parkir.

Demikianlah cara mengemudi mobil matic dengan benar, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *