Cara Cerdas Merawat AC Mobil Agar Tetap Dingin

AC pada sebuah mobil memiliki peranan yang penting untuk menentukan tingkat kenyamanan bagi para penumpang mobil tersebut. Dari dingin yang dikeluarkan oleh AC inilah, para penumpang mobil akan mampu berada didalam mobil dalam jangka waktu yang lama selama melakukan perjalanan. Melihat pentingnya AC dalam menentukan kenyamanan para pengguna mobil inilah, yang kemudian menjadi dasar pada design mobil terbaru yang kini banyak diedarkan dipasaran otomotif Indonesia. Mobil dengan seri terbaru saat ini, telah dilengkapi dengan AC pada bagian sisi-sisi pintunya. Tidak hanya AC 2 pintu saja, bahkan seri terbaru dari mobil kini telah dapat Anda temukan secara lengkap dalam versi AC 4 pintu.

Penggunaan AC pada mobil yang secara terus menerus, selama pengguna dan pemilik mobil melakukan mobilitas, terkadang akan menimbulkan kendala dan mempengaruhi performa dari AC mobil tersebut. Olah karenanya untuk menjaga fungsi dari AC mobil agar dapat memberikan nilai pendinginan yang tepat dan cepat bagi para penumpang mobil, maka perawatan serta pembersihan secara berkala pada bagian mobil tersebut, memang perlu Anda lakukan. Selain untuk menjaga fungsinya, udara yang dihasilkan pun akan lebih segar dan terasa lebih dingin.

Berikut ini beberapa cara membersihkan dan merawat AC mobil secara optimal, yang mungkin dapat Anda lakukan sendiri, diantaranya adalah:

  • Menjaga kebersihan kabin, dashboard pada interior mobil langsung maupun tidak langsung akan memberikan pengaruh pada sistem kerja AC mobil . Oleh karena itu jagalah kebersihan dari kabin dan bagian lain pada interior mobil.
  • Bersihkan bagian kondesor pada AC dan bila dimungkinkan Anda dapat mencuci kondensor tersebut. Jika Anda tidak dapat melakukannya secara mandiri, maka bawalah mobil tersebut pada tukang AC yang terpercaya.
  • Periksalah dan bersihkan filter kabin mobil secara berkala, karena bagian ini juga memiliki pengaruh pada kesegaran udara yang dihasilkan oleh AC mobil.

Selain cara diatas, untuk menjaga fungsi AC dalam memberikan sebuah kesejukan bagi ruangan, Anda juga harus menjaga putaran dari RPM. Hal ini lebih disebabkan karena besar kecilnya suhu yang dihasilkan oleh AC mobil, juga akan dipengaruhi pada cepat ataupun lambatnya putaran dari RPM pada mobil tersebut. Melihat keterkaitan dari RPM dan tingkat udara yang dihasilkan oleh AC tersebut, maka seringlah untuk melakukan pengecekan pada bagian RPM mobil.

Untuk dapat menghasilkan udara yang segar pada bagian dalam mobil, Anda dapat menggunakan pengharum khusus mobil, pada bagian depan AC ataupun pada bagian dashboard mobil Anda. Dengan keharuman ruangan yang dihasilkan oleh pengharum khusus mobil ini akan membuat kesegaran udara yang dihasilkan oleh AC terasa lebih optimal. Dengan kesegaran optimal inilah, maka kenyamanan dalam berkendara pun akan lebih mudah didapatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *