Asuransi Kendaraan, Penting Atau Tidak untuk Dimiliki?

Berkendara di jalan raya sudah pasti ada banyak sekali resikonya, apalagi jika kondisi jalanan sangatlah padat seperti di Indonesia, kecelakaan adalah hal yang paling umum terjadi. Ada kalanya kecelakaan tersebut tergolong ringan sehingga hanya menyebabkan lecet di beberapa bagian body saja, namun juga tak bisa dipungkiri tak jarang diantaranya kecelakaan yang parah, hingga menyebabkan kendaraan tak layak lagi dipakai. Bagi beberapa orang khusus yang memiliki kendaraan mahal tentunya menjadi masalah bagi mereka dan berpengaruh terhadap untung ruginya.

Itulah mengapa kemudian ditawarkan program asuransi, program perlindungan yang bisa dipakai untuk beberapa hal tertentu, salah satu diantaranya adalah asuransi kendaraan yang pemakaiannya ditujukan untuk melindungi kendaraan kesayangan Anda dari berbagai macam resiko kecelakaan, baik yang tingkatannya ringan maupun parah. Hanya saja karena namanya produk asuransi pastinya ada untung ruginya juga ketika memutuskan untuk ambil.

Ketika ternyata sudah membayarkan, namun kendaraan mulus-mulus saja dipakai tanpa resiko, bahkan sampai mobil tersebut dijual lagi, tentunya akan sangat rugi bukan. Untuk itu penting menyimak beberapa hal sebelum memutuskan untuk ambil asuransi:

  1. Pertimbangkan harga beli kendaraan, semakin mewah kendaraan tersebut memang ada baiknya untuk menggunakan asuransi, dengan pertimbangan jika nantinya terjadi kerusakan atau kehilangan maka nilai kerugiannya juga akan sangat tinggi. Untuk atasi lecet saja terkadang biaya hingga jutaan rupiah. Namun jika kendaraan yang dimiliki biasa-biasa saja, artinya memang tidak tergolong produk yang mahal harganya, sebaiknya tak perlu ambil asuransi.
  2. Riskan dipakai kecelakaan, melihat dari riwayat kecelakaan yang sangat sering, karena penggunaan yang kurang hati-hati atau hal-hal yang lainnya, maka membuat Anda mau tak mau harus mengambil asuransi, biaya perbaikan semakin sering dilakukan akan memakan nilai yang tinggi untuk pengeluaran, dengan adanya asuransi hal ini akan sangat membantu.
  3. Melihat kondisi keuangan juga, ingin ambil asuransi pastinya sudah ada premi yang harus disiapkan setiap bulannya bukan, nilainya berbeda-beda tergantung ingin produk yang mana, misalnya adalah asuransi all risk atau yang total loss only. Hal ini akan turut menjadi tanggungan selama beberapa tahun kedepan.
  4. Pastikan mengambil yang sesuai dengan kebutuhan, memutuskan untuk ambil karena memang sebagai perlindungan, maka Anda juga harus memastikan bahwa produk yang diambil tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan jangan asal menentukan perusahaan, ini juga akan mempengaruhi kenyamanan klaimnya, karena faktanya sendiri tak semua perusahaan berlaku aman, banyak juga perusahaan asuransi yang curang.

Jadi putuskan ambil atau tidak produk asuransi kendaraan Anda. Khusus untuk yang membeli kendaraan secara kredit, asuransi ini sangat penting dimiliki untuk mencegah terjadinya resiko pada mobil sebelum biaya lunas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *