5 Langkah Mudah Merawat Ban Mobil Agar Berkendara Jadi Lebih Aman

Ban pada kendaraan memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang pergerakannya, tanpa keberadaan ban pastinya motor maupun mobil yang Anda miliki tidak akan pernah bisa digerakkan bukan. Hanya saja bagian atau onderdil yang satu ini nyatanya juga yang paling sering mengalami masalah, misalnya terlalu lama digunakan berkendara memungkinkan kondisinya mudah sekali tipis, bahkan juga resiko meledak karena terkena benda tajam. Padahal untuk harganya sendiri tidak bisa dikatakan murah.

Penting juga bagi konsumen untuk melakukan perawatan secara berkala pada bagian yang satu ini sehingga tidak mudah mengalami kerusakan. Apalagi resikonya ternyata sangat tinggi seandainya berkendara dalam kondisi ban yang kurang baik, mobil bisa saja terperosok dari jalan raya, hingga kecelakaan. Untuk itu maka ada baiknya bagi Anda untuk mengetahui tips perawatan ban mobil secara tepat, diantaranya adalah:

  1. Cuci secara bersih menggunakan shampo mobil, jangan hanya bagian bodynya saja, justru dibandingkan dengan bagian tubuh mobil ban yang langsung bersentuhan dengan jalanan inilah yang paling sering kotor. Untuk itu selalu dicuci terlebih dahulu menggunakan air sampai bersih, ban yang bersih juga akan membuat garasi atau bagasi kendaraan tetap bersih lantainya.
  2. Lakukan pengecekan kemungkinan ada benda-benda tajam yang menempel pada ban. Hal ini harus dilakukan secara berkala, caranya adalah dengan melepas ban tersebut dari mobil kemudian periksa secara teliti, karena ada kalanya benda tajam layaknya paku yang menancap namun pemilik tidak mengetahuinya, sangat berbahaya jika seandainya ban meledak di tengah jalan. Jika ada paku yang menempel sebaiknya dihilangkan. Lakukan satu persatu pada semua ban hingga semuanya bersih dari benda tajam.
  3. Biasakan untuk mengecek tekanan angin sebelum kendaraan digunakan, tekanan yang terlalu rendah menyebabkan mobil terasa bergoyang-goyang ketika dikendarai, begitu juga dengan tekanan yang terlalu berlebih memiliki resiko pecah pada body luar ban, untuk itu selalu pastikan jumlah angin di dalamnya pas. Sehingga nyaman digunakan berkendara.
  4. Ada baiknya untuk mengganti ban secara berkala tiap perubahan musim, misalnya adalah di musim kemarau yang sangat panas memungkinkan kondisi ban mudah sekali menipis, maka gunakan jenis khusus, begitu juga ketika sudah memasuki musim penghujan yang jalanan begitu licin. Penggunaan sesuai dengan tempatnya memungkinkan ban tersebut jadi jauh lebih awet atau tahan lama.
  5. Jika sudah sangat tipis jangan ambil resiko berkendara, sebaiknya ganti dengan yang baru, hal penting yang harus Anda ketahui bahwa kondisi ban ini mempengaruhi keamanan dalam berkendara, sehingga jika sudah tidak memungkinkan dipakai, ganti dengan yang baru.

Ban terawat dengan tepat maka aktivitas berkendara jadi semakin aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *