4 Kiat Terbaik Supaya Mobil Kesayangan Bahan Bakarnya Lebih Irit

Sebagian besar pemilik mobil mengeluh perihal konsumsi bahan bakar kendaraannya yang terbilang lebih boros. Padahal bisa jadi pengguna mobil lainnya merasa nyaman-nyaman saja karena bahan bakar yang digunakan tidak mengalami pemborosan. Konsumsi bahan bakar bisa sangat menyiksa apalagi kalau seorang pemilik mobil minim pemahaman mengenai cara melakukan penghematan. Ada banyak tindakan sederhana yang bisa membantu memangkas konsumsi bahan bakar mobil Anda. Kalau dipraktekkan maka dijamin bisa menghemat isi dompet dalam jumlah lumayan, apalagi yang suka bepergian naik mobil.

Untuk membantu menghemat konsumsi bahan bakar mobil kesayangan maka ada baiknya mencoba mengaplikasikan beberapa kiat di bawah ini:

  • Batasi durasi saat memanaskan mesin,

Sebelum mengajak mobil bepergian biasanya pemilik akan memanaskan mesinnya dulu, supaya tidak mudah mogok dan mesinnya aus. Namun meski dianjurkan bukan berarti bisa berlama-lama saat memanaskan mesin ini sebab kalau terlalu lama maka bensin lekas habis. Baiknya tidak lebih dari tiga menit, dan dirasa sudah cukup sekaligus tidak membuat bensin Anda cepat limit.

  • Menjaga kecepatan mobil tetap stabil,

Selama mengemudi baiknya Anda tidak suka mengebut dan memperpendek jarak dengan kendaraan di depan. Ketika berhenti mendadak dan sering mengubah kecepatan ternyata membuat konsumsi bahan bakar lebih boros. Sangat dianjurkan untuk menjaga kecepatan mobil ketika melaju di jalanan sebab dengan kestabilan ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar secara efektif. Atur jarak dengan mobil atau kendaraan di depan supaya tidak mudah berhenti maupun menambah kecepatan secara mendadak, kalau sudah terbiasa maka akan terasa betapa hematnya.

  • Menjaga tekanan angin ban,

Tekanan angin ban yang kurang meski sedikit rupanya juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Maka sebelum bepergian usahakan untuk memeriksa tekanan angin ban mobil yang akan dipakai dan memastikan pas. Kalau sekiranya kurang maka bisa ke bengkel sebentar untuk mengisi angin, sebab sangat efektif membantu menghemat konsumsi bahan bakar. Tindakan ini memang sederhana namun siapa sangka bisa membantu menghemat isi dompet meski hanya sekian ribu per harinya. Kalau ditotal selama sebulan maka sudah lumayan, setidaknya bisa dipakai jajan.

  • Tidak tergesa-gesa menambah akselerasi,

Terburu-buru dalam menambah akselerasi juga berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar sehingga menjadi boros. Perubahan akselerasi baiknya disesuaikan dengan karakter mesin dan juga kondisi jalan yang dilalui. Pahami tekniknya dengan baik, karena jenis mobil yang berbeda dianjurkan mengganti akselerasi setelah sekian RPM. Kalau belum paham baiknya dikonsultasikan dulu dengan ahlinya, sedikit belajar dari yang lebih berpengalaman bisa menurunkan jumlah biaya bulanan untuk mengisi bahan bakar. Tentunya sangat menguntungkan maka jangan ragu untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *