4 Cara Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Agar Mobil Irit Bahan Bakar

Pemilik mobil terkadang mengalami stress karena mobil yang selama ini diajaknya bepergian memakan banyak biaya untuk kebutuhan bahan bakar. Bahan bakar memang menjadi modal bagi sebuah mobil untuk bisa dijalankan karena percuma jika mesinnya bagus namun tangki bensinnya kosong. Kalau sudah begini tentu perlu berkunjung ke pom bensin terdekat, menariknya biaya pengisian bensin untuk mobil dijamin tidak hanya puluhan ribu saja. minim-minim Anda merogoh kantong ratusan ribu sekali isi untuk bisa dipakai seharian atau dua hari ke depan.

Lumayan mahal ya jika dibandingkan dengan sepeda motor? Maka menjadi sangat penting bagi setiap pemilik mobil untuk menghemat bahan bakarnya. Rupanya ada sederet beberapa hal sederhana yang membantu menghemat bahan bakar, yakni:

  • Tidak terlalu lama memanaskan mobil,

Menjaga kondisi mesin mobil tetap sehat maka wajib dipanaskan setiap harinya, paling tidak antara 10-15 menit. Sayangnya beberapa orang sengaja meninggalkan mobil yang dipanaskan di garasi untuk mengurus keperluan lain. Alhasil proses pemanasan mesin bisa berlangsung lebih lama, usahakan hanya 10 menit atau 5 menit saja supaya bensinnya irit.

  • Mencari tempat teduh untuk parkir,

Membiasakan mobil terpanggang matahari di lahan parkir bukanlah tindakan cerdas dan efisien. Tidak hanya membuat cat mobil mudah mengelupas dan warnanya pudar dengan cepat, namun juga mempengaruhi konsumsi bahan bakar. Ketika mobil ikut panas oleh paparan sinar matahari maka mesin di dalamnya pun ikut panas dan ada sekian persen bensin yang melakukan pembakaran. Meskipun mobil terparkir manis, maka hindari parkiran yang panas cobalah berkeliling mencari titik yang teduh.

  • Batasi muatan mobil Anda,

Tindakan sederhana yang ternyata tidak banyak diketahui orang bisa membantu menghemat bahan bakar mobil adalah dengan memperhatikan kapasitas muatan. Seorang praktisi otomotif mengatakan jika mobil mengalami peningkatan muatan per 20 kg maka ada sekitar 1% bahan bakar yang ikut terbakar selama mesin dinyalakan. Sehingga mulailah untuk memperhatikan kapasitas muatan mobil Anda supaya tidak melebihi dari yang tercantum di buku panduan. Kemudian jangan menambahkan aksesoris yang lumayan berat kalau tidak mau uang bensin boros.

  • Tak perlu malu mematikan mobil saat lampu merah,

Ketika di jam lalu lintas sibuk tentu kalau memperhatikan durasi lampu merah akan lebih panjang dibanding jam-jam lengang. Tidak menutup kemungkinan lampu merah menyala hingga 80-100detik, kalau mesin mobil Anda tetap menyala tentu bisa dibayangkan berapa persen bensin yang terbuang percuma. Baiknya mematikan mesin mobil meski sebentar saat lampu merah maupun di tengah kemacetan. Upaya sederhana ini terbukti mampu mengurangi pemakaian bensin secara signifikan, jadi jangan ragu ataupun malu untuk mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *